Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir
Main Author: | Vera, Destia Fitliani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4682/1/SKRIPSI%20VERA%20DESTIA%20FITLIANI%20%2812080018%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4682/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4682/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4682/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4682/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini. Pertama, pemahaman siswa dalam keterampilan menulis puisi masih rendah, karena sebagian besar siswa menulis puisi seperti membuat karangan dan tidak memiliki unsur kepuitisan. Kedua, teknik yang digunakan guru dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi sudah bervariasi seperti teknik objek langsung dan teknik media gambar, akan tetapi kedua teknik tersebut belum mampu memberikan motivasi kepada siswa dalam menulis puisi. Ketiga, siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide, menuangkan pikiran dan perasaannya dalam bentuk puisi. Penelitian ini bertujuan, Petama, mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan teknik Think Talk Write (TTW). Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan sesudah menggunakan teknik Think Talk Write (TTW). Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 179 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 yang berjumlah 25 orang. Variabel penelitian ini adalah penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis puisi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah hasil tes unjuk kerja menulis puisi siswa sebelum dan sesudah penggunaan teknik Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) dengan nilai rata-rata 63,56 pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan sesudah menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) dengan nilai rata-rata 72,45 pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) terhadap Keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan thitung 1,99 > ttabel 1,71. Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, teknik Think Talk Write (TTW) berpengaruh digunakan dalam pembelajaran menulis puisi.