Daftar Isi:
  • Hal yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Al-istiqamah Kabupaten Pasaman Barat. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa adalah siswa kesulitan dalam mengembangkan ide dalam bentuk tulisan dan kurangnya minat baca artikel siswa. Tujuan penelitian ini ada tiga. (1) mendeskripsikan minat baca artikel ilmiah siswa kelas X SMA Al-istiqamah Kabupaten Pasaman, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Al-istiqamah Kabupaten Pasaman, (3) mendeskripsikan hubungan antara minat baca artikel ilmiah dan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Al-istiqamah Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al-istiqamah Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 222 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling, sampel berjumlah 34 orang. Variabel penelitian ini ada dua yaitu minat baca artikel ilmiah Siswa kelas X SMA Al-istiqamah Kabupaten Pasaman Barat sebagai variabel X dan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Al-istiqamah Kabupaten Pasaman Barat sebagai variabel Y. Data penelitian diperoleh dengan dua jenis tes, yaitu skor angket dan skor tes unjuk kerja. angket digunakan untuk mengukur minat baca artikel ilmiah siswa sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis paragraf argumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa. Pertama, Empat indikator minat baca artikel ilmiah yang diujikan, indikator tertinggi yang dikuasai siswa adalah indikator 2, yaitu pemilihan bahan yang baik dengan nilai rata-rata 83,98 berada pada kualifikasi baik 76-85%. Kedua, kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Al-istiqamah Kabupaten Pasaman Barat dengan nilai rata-rata hitung 66,42 berada pada rentangan 66-75% dan berada pada kualifikasi cukup (C). Nilai tertinggi terletak pada indikator 2, yaitu Tujuan tulisan dapat meyakinkan berusaha membuktikan kebenaran atau pernyataan atau pokok persoalan berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 76,47 berada pada rentangan (76-95%). Ketiga, hasil pengujian hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa Hubungan Minat Baca Artikel Ilmiah dengan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi siswa kelas X SMA Al-istiqamah Kabupaten Pasaman Barat terdapat pada taraf signifikan t 0,05 dengan derajat kebebasan n-1 (34-1 =33). Dengan demikian H1 diterima yaitu 3,93>1,70, sedangkan H0 ditolak.