Pengaruh Penggunaan Handout Bergambar Disertai Peta Konsep pada Materi Pembelajaran IPS Terpadu (Sejarah) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 3 Painan

Main Author: Welly, Sri Jhohannes
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4673/3/12020131%20WELLY%20SRI%20JHOHANNES%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4673/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4673/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4673/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4673/
Daftar Isi:
  • Kemampuan siswa dalam memahami fakta dapat memudahkan dalam pemecahan masalah yang dihadapi selama proses pembelajaran sehingga kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menginterpretasikan fakta sejarah dapat diatasi. Untuk itu diperlukan kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan strategi dengan model pembelajaran yang membantu siswa agar dapat memahami peristiwa sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran dengan menggunakan Handout Bergambar disertai Peta Konsep Pada Materi Pembelajaran IPS Terpadu (Sejarah) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 3 Painan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Data diperoleh melalui eksperimen langsung pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Painan tahun pelajaran 2015/2016. Pemilihan sampel diambil dengan teknik berdasarkan purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 1 dan kelas VII 2 karena kedua kelas ini mempunyai hasil belajar yang hampir sama. Teknik pengumpulan berupa test, yakni instrumen pengumpulan berupa soal pilihan ganda dari hasil pretest dan postest. Hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata skor hasil kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Rerata pada kelas eksperimen yaitu 10,75, pada kelas kontrol 8,84, dengan thitung 2,37 dengan taraf siknifikasi 0.05 diperoleh ttabel 1.676. H0 ditolak dan H1 diterima Artinya terdapat perbedaan terhadap kedua kelas yaitu terdapat hasil yang signifikan. Hasil analisis data menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran menggunakan Handout Bergambar disertai Peta Konsep pada Materi Pembelajaran IPS Terpadu (Sejarah) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.