Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang cenderung belum bisa bertingkah laku sosial dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial peserta didik ditinjau dari pengaruh orang tua, (2) Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial peserta didik ditinjau dari pengaruh sekolah, (3) Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial peserta didik ditinjau dari pengaruh teman sebaya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII dan VIII di MTsN 01 Kota Padang. Teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 83 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket, sedangkan untuk menganalisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian yang dilakukan di MTsN 01 Kota Padang berdasarkan sub variabel yaitu: (1) Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial peserta didik ditinjau dari pengaruh orang tua berada pada kategori banyak, (2) Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial peserta didik ditinjau dari pengaruh sekolah berada pada kategori cukup banyak, (3) Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial peserta didik ditinjau dari pengaruh teman sebaya berada pada kategori sedikit. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu peserta didik untuk lebih meningkatkan tingkah laku sosial agar lebih baik lagi baik dalam keluarga maupun dalam lingkungan sekitarnya agar peserta didik mampu menerapkan tingkah laku sosial dengan lebih baik lagi.