Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah, yaitu rendahnya minat siswa dalam menulis, siswa kurang memahami unsur-unsur dalam menulis berita yaitu unsur 5W+1H, kurangnya motivasi siswa dalam menulis sehingga sulit mendapatkan ide-ide. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilaksanakan penelitian pembelajaran menulis berita dengan menggunakan teknik konstruktivisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Solok Selatan dengan menggunakan teknik konstruktivisme. Jenis penelitiaan ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 130 orang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik penarikan sampel berdasarkan strata siswa yang tertinggi (proposive sampling) yaitu 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diketahui sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Solok Selatan dengan menggunakan teknik konstruktivisme untuk indikator 1 (judul berita) tergolong baik (B) dengan rata-rata 81,34 berada pada rentangan 76-85% pada skala 10. Kedua, kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Solok Selatan dengan menggunakan teknik konstruktivisme untuk indikator 2 (teras berita) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 91,75 berada pada rentangan -86-95% pada skala 10. Ketiga, kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Solok Selatan dengan menggunakan teknik konstruktivisme untuk indikator 3 (tubuh berita) tergolong cukup (C) dengan rata-rata 65,75 berada pada rentangan 56-65% pada skala 10. Kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Solok Selatan dengan menggunakan teknik konstruktivisme secara keseluruhan tergolong baik (B) dengan rata-rata 79,71 berada pada rentangan 76-85% pada skala 10.