Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, kurangnya kemampuan siswa untuk mengekspresikan ide dan perasaan dalam menulis puisi. Kedua, kurangnya kemampuan siswa untuk berkonsentrasi dalam menulis puisi. Ketiga, kurangnya minat siswa dalam menulis puisi karena guru menggunakan metode ceramah dalam mengajar. Keempat, kurangnya kemampuan siswa dalam merangkai kata-kata dalam puisi. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa tanpa dan dengan menggunakan metode sugestopedia dan pengaruh penggunaan metode sugestopedia terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA negeri 8 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah post-test only control group design. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Sijunjung yang berjumlah 72 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis puisi tanpa dan dengan menggunakan metode sugestopedia siswa kelas X SMA negeri 8 Sijunjung. Berdasarkan hasil analisis data terhadap keterampilan menulis puisi tanpa dan dengan menggunakan metode Sugestopedia dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, tingkat keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Sijunjung tanpa menggunakan metode sugestopedia memperoleh nilai rata-rata 61,11 dengan klasifikasi 56 – 65% yaitu Cukup. Kedua, tingkat keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode sugestopedia siswa kelas X SMA Negeri 8 Sijunjung memperoleh nilai rata-rata 73,45 dengan klasifikasi 66 - 75% yaitu lebih dari cukup (LDC). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan metode sugestopedia siswa kelas X SMA Negeri 8 Sijunjung karena thitung> tabel (2,94>1,67). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa SMA Negeri 8 Sijunjung dengan menggunakan metode sugestopedia lebih baik daripada tanpa menggunakan metode sugestopedia.