“Pengaruh Model Sinektik Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung”
Main Author: | Nia, Gusmelanita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4638/4/12080068-NIA%20GUSMELANITA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4638/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4638/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4638/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4638/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung yang tergolong rendah.Masalah tersebut sebagai berikut.Pertama, siswa kurang berminat dalam menulis teks cerita pendek.Kedua, siswa belum paham cara memulai menulis cerita pendek. Ketiga, siswa beranggapan bahwa menuangkan ide-ide ke dalam bentuk tulisan itu sulit.Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung sebelum menggunakan model sinektik, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung setelah menggunakan model sinektik, dan (3) menganalisis pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMAN 2 Sijunjung sebelum dan sesudah menggunakan model sinektik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan rancangan penelitian one group pretest-postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA.2 SMA Negeri 2 Sijunjung berjumlah 29 orang.Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks cerita pendek sebelum menggunakan model sinektik dan setelah menggunakan model sinektik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal sebagai berikut. (1) Keterampilan menulis teks cerita pendek sebelum menggunakan model sinektik berkualifikasi cukup (C) dengan rata-rata 58,99 berada pada rentangan 56-65%. (2) Keterampilan menulis teks cerita pendek setelah menggunakan model sinektik berkualifikasi lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata 71,64 berada pada rentangan 66-75%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunan model sinektik terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung karena thitung>ttabel (4,96 >1,67). Dengan demikian H1 diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung.