Kemampuan Menulis Ringkasan Teks Cerpen dengan Teknik Pemodelan Siswa Kelas VII SMP N 3 X Koto Singkarak Kabupaten Solok
Main Author: | Hesti Novita, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4627/4/11080060%20-%20HESTI%20NOVITA%20SARI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4627/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4627/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4627/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4627/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan menulis ringkasan teks cerpen dengan teknik pemodelan, kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam mengapresiasi ringkasan teks cerpen tersebut kemungkinan disebabkan oleh kemampuan siswa yang kurang terhadap pemahaman menulis ringkasan teks cerpen. Oleh karena itu, diperlukan strategi atau pemilihan teknik pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa agar kemampuan siswa dalam mengapresiasi sastra khususnya teks cerpen yaitu menganalisis keterkaitan struktur teks cerpen dengan dengan kehidupan sehari-hari. berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan penelitian mengenai kemampuan menulis ringkasan teks cerpen dengan teknik pemodelan siswa kelas VII SMP N 3 X Koto Singkarak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis ringkasan teks cerpen dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas SMPN 3 X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Teori yang digunakan adalah teori milik sumardjo untuk cerpen dan teori milik trianto untuk teknik pemodelan Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 X Koto Singkarak yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 138 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa Tes Unjuk Kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP N 3 X Koto Singkarak untuk indikator 1 baik, mendapat skor tertinggi 5 dan terendah 4 dengan rata-rata 76,00% berada pada rentangan 76 – 85%. Kedua, Kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP N 3 X Koto Singkarak untuk indikator 2 baik sekali. Mendapatkan skor tertinggi yaitu 5 dengan rata-rata 89,33% berada pada rentangan 86 – 95%. Ketiga, Kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP N 3 X Koto Singkarak untuk indikator 3 baik. Mendapatkan skor tertinggi yaitu 5 dengan rata- rata 79,33% berada pada rentangan 76 – 85%. Keempat, Kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP N 3 X Koto Singkarak tergolong baik sekali. Mendapat rata-rata 85,55% berada pada rentangan 86 – 95%.