The Use Of Pronoun In Writing Recount Text Written By Tenth Grade Students Of SMA N 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat West Sumatera
Main Author: | Rahmi, Saputri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4623/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4623/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4623/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4623/4/12040132%20-%20RAHMI%20SAPUTRI%20%28THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4623/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengemukakan pronouns sebagai bagian dari part of speech yang perlu jelas aturan penggunaannya dalam kalimat, agar kalimat-kalimat yang digunakan dalam menulis sebuah teks menjadi jelas dan benar seacara aturan bahasa, terutama dalam menulis teks recount. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat tipe-tipe pronouns yang digunakan siswa dalam menulis teks recount. Data penelitian ini didapatkan dari dokumen tugas harian siswa secara acak dari 9 kelas yang ada, sehingga peneliti mendapatkan 32 dokumen siswa kelas sepuluh SMAN 1 Luhak Nan Duo Pasaman Sumatera Barat tentang materi menulis recount text. Kemudian, peneliti memfokuskan analisis dokumen tersebut pada tipe-tipe pronoun yang menunjukan adanya unsur personal pronouns, demonstrative pronouns, relative pronouns, and indefinite pronouns. Berasarkan analisis terhadap 32 dokumen siswa tersebut, peneliti menemukan bahwa secara umum siswa menggunakan ke empat tipe pronouns dalam menulis kalimat-kalimat untuk teks recount. Siswa cenderung menggunakan subjective dan objective pronouns, karena teks recount yang ditulis oleh siswa tergolong pada personal recount. Disamping itu, beberapa orang siswa juga menggunakan demonstrative, relative dan indefinite pronouns, meskipun penggunaan ketiga tipe pronouns ini digunakan tidak sebanyak penggunaan subjective dan relative pronouns. Dengan demikian, penulis berasumsi bahwa siswa sudah mulai berkembang dalam penggunaan kosakata berbahasa inggris dan sudah mempertimbangkan penggunaan aturan pronouns dalam menulis teks personal recount.