Kemampuan Menuliskan Kembali Cerita Anak Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan
Main Author: | Novia, Angriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4622/4/11080210%20NOVIA%20ANGRIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4622/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4622/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4622/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4622/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat hal sebagai berikut. Pertama siswa pasif dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajatran menulis karena guru menyampaikan materi dengan ceramah. Kedua, Siswa siswa kurang berminat dalam menulis cerita anak karena menurut mereka pembelajaran menulis sangat membosankan. Ketiga, siswa mengalami kesulitan dalam mengemukakan ide-ide, dalam bentuk tulisan, hal ini disebabkan karena siswa kurang membaca sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengemukakan ide-idenya kedalam bentuk tulisan. Keempat, teknik pembelajaran yang di gunakan guru kurang menarik sehingga diperlukan teknik pembelajaran yang mnarik untuk menigkatkan minat siswa dalam menlis. Tujuan penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menuliskan kembali cerita anak siswa kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun 2015/2016. Data penelitian ini adalah tes menuliskan kembali cerita anak siswa kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan berjumlah 147 orang. Sampel penelitian berjumlah 29 orang. Teknik Pengambilan Sampel yaitu teknik (propotional random sampling) Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh hasil keterampilan menuliskan kembali cerita anak siswa kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan berdasarkan keempat indikator yang diteliti yaitu. Pertama, kemampuan menuliskan kembali cerita anak untuk indikator 1 (tema) tegolong (S), dengan rata-rata 96,58 yang terdapat pada rentangan 96-100%%. Kedua, keterampilan menuliskan kembali cerita anak untuk indikator 2 (latar) tergolong (LDC) dengan rata-rata 73,62 yang terdapat dalam rentangan 66-75%. Ketiga, kemampuan menuliskan kembali cerita anak untuk indikator 3 tokoh tergolong (C) dengan rata-rata 65,62 yang terdapat dalam rentangan 66-75%. Keempat, kemampuan menuliskan kembali cerita anak untuk indikator 4 alur tergolong (B) dengan rata-rata 82,93 yang terdapat dalam rentangan 76-85%. Kelima, keterampilan menuliskan kembali cerita anak untuk gabungan keempat indikator tergolong baik (B) dengan rata-rata 79 yang terdapat pada rentangan 76-85%.