Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisa tipe-tipe kalimat yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa di dalam interaksi kelas. Data yang dianalisis diperoleh dari video recording, observation checklist, dan field note. Dalam penelitian ini peneliti memilih tiga kelas yaitu kelas General Linguistics, Writing 2 dan Speech. Data yang diperoleh dari penelitian ini dikumpulkan dan kemudian dikelompokkan berdasarkan tipe-tipe kalimat yang ditemukan. Dari hasil analisis data yang ditemukan ada 618 kalimat yang tergolong kedalam dalam tipe-tipe kalimat yang ditemukan. Dari semua data tersebut, peneliti menemukan ke empat tipe kalimat yang digunakan dalam interaksi kelas di STKIP PGRI Sumatera Barat. Hasil dari penelitian ini yaitu, terdapat 262 kalimat yang merupakan kalimat pernyataan, 120 kalimat yang merupakan kalimat pertanyaan, 182 kalimat yang merupakan kalimat perintah, dan 54 kalimat yang merupakan kalimat seru. kalimat pernyataan lebih sering digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dan juga memberikan pendapat, kalimat pertanyaan lebih sering digunakan pada saat diskusi kelompok, kalimat perintah sering digunakan untuk memberi saran kepada orang lain, dan kalimat seru sering diguanakan untuk memberikan penegasan atau mengungkapkan apa yang sedang dirasakan seseorang terhadap orang lain.