Kemampuan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris Menggunakan Teknik Think Talk Write (TTW) Siswa KelasX SMA Negeri 1 Batang Kapas Pesisir Selatan

Main Author: Melawati, Melawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4618/1/11080133%20MELAWATI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4618/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4618/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4618/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4618/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yang kurang berminat dalam menulis karangan karena kesulitan dalam menuangkan ide yang disebabkan oleh kosakata yang dimilki siswa masih kurang.Selain itu siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami jenis karangan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 357 orang yang tersebar dalam sepuluhkelas yang terdaftar tahun 2015/2016.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yang diambil secara acak (proportional random sampling)yaitu sebanyak 40 orang.Data penelitian ini adalah skor hasil menulis karangan narasi ekspositoris dengan menggunakan teknik Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:Pertama, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris untuk indikator memperluas pengetahuan diperoleh nilai rata-rata 66,67 berada pada kualifikasi Lebih dari cukup (LdC), yaitu pada tingkat penguasaan 66-75% pada skala 10. Kedua, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris untuk indikator menyampaikan informasi mengenai suatu kejadian secara kronologis diperoleh nilai rata-rata 79,17 berada pada kualifikasi Baik (B), yaitu pada tingkat penguasaan 76-85% pada skala 10. Ketiga, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris diperoleh nilai rata-rata 71,14 berada pada kualifikasi Lebih dari cukup (Ldc), yaitu pada tingkat penguasaan 66-75% pada skala 10.Keempat, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris untuk indikator memperluas pengetahuan diperoleh nilai rata-rata 91,67 berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS), yaitu pada tingkat penguasaan 86-95% pada skala 10. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhankemampuan menulis karangan narasi ekspositoris menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan diperoleh nilai rata-rata 77,92 berada padakualifikasi Baik (B), yaitu pada tingkat penguasaan 76-85% pada skala 10.