Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, yaitu sebagai berikut. (1) Pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai puisi masih kurang, karena siswa kurang dilatih dalam menulis puisi. (2) Siswa sulit menemukan ide dalam menulis puisi, (3) beberapa siswa di sekolah tersebut menyatakan bahwa menulis adalah hal yang membosankan. (4) Guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media audio visual siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang yang terdaftar pada tahun 2015/2016. Jumlah kelas VII adalah 198 siswa yang tersebar ke dalam 6 kelas. Mengingat jumlah populasi lebih dari 100 siswa, perlu adanya terknik penarikan sampel penelitian. Teknik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 33 siswa pada kelas VII.2. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media audio visual siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media audio visual siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media audio visual siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang untuk indikator 1 (citraan) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 89,9 yang terdapat pada rentangan 86-95% pada skala 10. Kedua, keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media audio visual siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang untuk indikator 2 (diksi) tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata penguasaan 88,88 berada pada rentangan 86-95% pada skala 10. Ketiga, keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media audio visual siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang untuk indikator 3 (majas) tergolong baik(B) dengan rata-rata penguasaan 84,84 berada pada rentangan 76-85% pada skala 10. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media audio visual siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang untuk ketiga indikator tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 87,87 yang terdapat pada rentangan 86-95%.