An Analysis of Students Responses’ on Teacher Talk in Classroom Interaction
Main Author: | Tari, Eka Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4613/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4613/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4613/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4613/4/12040099-TARI%20EKA%20PUTRI%20%28THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4613/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan melihat tipe tipe respon yang diberikan siswa yang diberikan siswa kepada guru dalam berinteraksi didalam kelas. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas sebelas di SMAN 1 Batang Anai pada tingkat sebelas. Kelas tingkat sebelas yang menjadi partisipan adalah XI IPS 5 dan XI IPA 1 pada penelitian ini dipilih berdasarkan dasarkan pada purposive sampling, yang mana partisipan dari penelitian diambil berdasarkan kebutuhan indikator yang dimiliki oleh peneliti. Kemudian, jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah basic interpretive / qualitative yang termasuk ke dalam ranah penelitian kualitatif. Jenis dan pendekatan penelitian ini peneliti gunakan untuk menganalisa dan mengidentifikasi suatu fenomena, yaitu tipe respon yang diberikan siswa terhadap perkataan guru ketika berinteraksi didalam kelas. Selanjutnya, dalam proses pengumpulan data, peneliti melakukan observasi. Observasi dilakukan dalam proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan video, observation checklist, dan field notes. Peneliti melakukan penelitian selama tiga kali pertemuan dalam satu kelas. Setelah melakukan analisis data, peneliti menemukan semua tipe respon yang diberikan siswa terhadap perkataan guru didalam kelas, yaitu silent, confusion, laughter, gestures, correct. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semua tipe respon ditemukan pada siswa SMAN 1 Batang Anai.