Lecturers’ Constructive Feedback in Teaching Writing (A descriptive study at The Second Year Students of English Department at STKIP PGRI SUMBAR For Academic year 2015/2016)

Main Author: Uci, Efendi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4612/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4612/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4612/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4612/4/12040097-UCI%20EFENDI%20%28THESIS%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4612/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang tipe – tipe constructive feedback yang digunakan dosen dalam mengajarkan mata kuliah writing III terhadap mahasiswa tahun ke dua program studi bahasa Inggris di STKIP PGRI SUMBAR periode 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian descriptive qualitative. Sumber data dari penelitian ini adalah tugas harian menulis mahasiswa yang mengambil matakuliah writing III untuk program studi Bahasa Inggris. Data yang diambil akan dianalisa berdasarkan tipe constructive feedback yang diberikan dosen terhadap tugas harian tersebut. Penelitian ini menggunakan purposive sampling technique yaitu dengan mengambil beberapa dokumen yang memiliki tipe constructive feedback yang dilakukan oleh dosen secara berkelanjutan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui document checklist. Berdasarkan data yang didapatkan selama penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa dosen yang mengajar mata kuliah writing III pada mahasiswa tahun kedua untuk periode 2015/2016 program studi bahasa Inggris STKIP PGRI SUMBAR menyediakan dan menerapkan constructive feedback dengan tujuan meningkatkan, membangun, dan menumbuhkan ide mahasiswa dalam menulis karangan. Dengan demikian, hasil yang peneliti dapakatkan dalam penelitian ini diantaranya : explicit, recast, dan elicitation. Berdasarkan data yang didapat dari dokumen ceklis, maka dapat disimpulkan bahwa dosen menggunakan explicit, recast dan elicitation dalam menerapkan constructive feedback.