Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Sosiologi, yang mana dalam pembelajaran sosiologi di SMA N 2 Batang Kapas pada kelas X kurangnya perhatian siswa atau tidak serius dalam belajar seperti meribut saat guru menerangkan atau menyajikan materi pelajaran, apabila diberi kesempatan bertanya hanya beberapa orang yang bertannya, kurangnya minat siswa untuk mau bertanya dalam belajar, dan sebagian siswa malas mencatat, ada siswa yang acuh tak acuh di dalam proses belajar, kurang kreaktif dalam meningkatkan belajar terlihat dari tugas yang dikerjakan siswa tidak dikerjakan dengan baik, atau tugas dirumah dikerjakan disekolah, dan Siswa belajar saat menghadapi ujian, jarang belajar secara rutin. Dan bagaimana persepsi guru Sosiologi melihat aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Sosiologi di kelas X IPS. Adapun rumusan penelitiannya yaitu bagaimana persepsi guru terhadap aktivitas belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sosiologi SMA N 2 Batang Kapas, dengan tujuan untuk mengetahui persepsi terhadap aktivitas siswa kelas X pada mata pelajaran Sosiologi SMA N 2 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah Mix Method (Penelitian campuran). Dengan lokasi penelitian di SMA N 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan . data diambil dari informan guru Sosiologi kelas X pada mata pelajaran Sosiologi SMA N 2 Batang Kapas. Data dikumpukan melalui angket, wawancara. Keabsahan data atau keakuratan data dalam penelitian ini di uji dengan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif dan ditambah dengan Triangulasi data. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik dengan rumus p=f/n dan interaktif, yang terdiri dari reduksi data,penyajian data,dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran persepsi guru terhadap aktivitas belajar siswa berdasarkan kelas, X1 guru persepsi sangat baik dari persentase 100%, X2 guru persepsi baik dari persentase 80%, X3 guru persepsi baik dengan persentase 73%, X4 guru berpersepsi cukup baik dari persentase 60%, guru persepsi sedang dari persentase 37%. Gambaran guru terhadap aktivitas siswa berdasarkan indikator, mendengar guru persepsi positif yang belum positif X4, membaca guru persepsi positif yang belum positif X4,X5, mencatat guru persepsi positif yang belum positif X4, X5, bertanya guru persepsi positif yang belum positif kelas X5, menjawab guru persepsi positif yang belum positif X4,X5, membuat tugas guru persepsi positif yang belum positif X4,X5, menanggapi guru persepsi positif yang belum positif X4,X5, mengingat guru persepsi positif yang belum positif X3,X4,X5, memecahkan soal guru persepsi positif yang belum positif X2, menganalisis guru persepsi positif yang belum positif X4,X5, mengambil keputusan guru persepsi positif, menjalin hubungan guru persepsi positif. Kata kunci : persepsi, Guru dan aktivitas siswa