Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bahasa Indonesia Berbasis Komik pada Materi Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP N 3 Batang Anai
Main Author: | Vitria, Elvi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4577/1/12080171%20VITRIA%20ELVI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4577/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4577/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4577/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4577/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks berita siswa yang dipengaruhi oleh tiga faktor: 1) bahan ajar berupa LKS yang digunakan tidak dapat menarik minat belajar siswa, 2) guru sudah menggunakan beberapa metode pembelajaran, tetapi nilai menulis teks berita siswa masih rendah, 3) kurangnya motivasi belajar dan rasa peduli siswa terhadap pelajaran, 4) belum tersedianya Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bahasa Indonesia berbasis komik di SMP N 3 Batang Anai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bahasa Indonesia berbasis komik pada materi menulis teks berita siswa kelas VIII SMP N 3 Batang Anai yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 4-D Models yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Tahap define terdiri dari analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis tugas. Pada tahap design dilakukan perancangan LKS Bahasa Indonesia berbasis komik pada materi menulis teks berita, kemudian pada tahap develop dilakukan uji validitas yang terdiri dari 3 orang dosen dan 2 orang guru Bahasa Indonesia SMP N 3 Batang Anai. Uji praktikalitas oleh 1 orang guru dan 9 orang siswa kelas VIII SMP. Data dianalisis dengan teknik analisis data persentase dan diolah secara desktriptif. Hasil uji validitas LKS berbasis komik oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini berada pada kriteria sangat valid, yaitu 93,195% ditinjau dari segi kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan siswa menunjukkan LKS ini tergolong praktis, yaitu 78,65% dan uji efektivitas tergolong sangat efektif, yaitu 92,39% diketahui dari aktivitas siswa dan hasil belajar. Dapat disimpulkan LKS berbasis komik pada materi menulis teks berita yang dihasilkan sudah valid, praktis, dan efektif.