Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis karangan deskripsi siswa masih rendah. Masalah yang ditemui adalah pertama, rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Kedua, siswa kesulitan dalam mengembangkan ide dan gagasannya dalam menulis karangan deskripsi. Ketiga, saat menulis karangan deskripsi, siswa kurang menguasai ejaan, tanda baca, dan kosakata. Keempat, teknik dan media yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar belum efektif dan tidak bervariasi, sehingga siswa tidak serius memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMK Negeri 8 Padang sebelum menggunakan teknik Memerikan, (2) Mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMK Negeri 8 Padang sesudah menggunakan teknik Memerikan, (3) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Memerikan terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kela XI SMK Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan One Group Pretest Posstest Desaign. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja pada kelas pretest dan posstest. Populasi dalam penelitian ini 300 orang dengan pengambilan sampel secara purposive sampling dengan jumlah sampel 30 orang. Hasil penelitian ini adalah (a) keterampilan menulis deskripsi siswa kelas XI SMK Negeri 8 Padang sebelum menggunakan teknik Memerikan memperoleh nilai rata-rata kelas 56,44 berada pada tingkkat penguasaan 56-65% berkualisifikasi Cukup, (b) keterampilan menulis deskripsi siswa kelas XI SMK Negeri 8 Padang sesudah menggunakan teknik Memerikan memperoleh nilai rata-rata kelas 71,11 berada pada tingkat penguasaan 66-75% berkualisifikasi Lebih dari Cukup, (c) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik Memerikan terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMK Negeri 8 Padang karena thitung > ttabel (4,38> 1,67).