“Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bahasa Indonesia Berbasis Komik pada Materi Menulis Slogan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan”
Main Author: | Vina, Lucya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4571/3/12080230%20VINA%20LUCYA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4571/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4571/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4571/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4571/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah pada penelitian ini meliputi; kemampuan menulis slogan siswa masih berada pada kisaran KKM dan belum menunjukkan hasil yang memuaskan, guru belum pernah membuat LKS pembelajaran sendiri sehingga guru masih menggunakan LKS yang disediakan oleh pihak sekolah, siswa tidak tertarik dengan LKS yang ada karena monoton dan materi yang sangat minim, belum tersedianya LKS berbasis komik pada materi menulis slogan di SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bahasa Indonesia berbasis komik pada materi menulis slogan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Subjek penelitian ini ialah siswa pada kelas kecil di kelas VIII.3 SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Pemilihan subjek penelitian berlandaskan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Namun, pada penelitian ini tahap pengembangannya dibatasi sampai tahap ketiga. Pengembangan diawali dengan tahap pendefinisian (define), perancangan(design), dan diakhiri dengan pengembangan (defelop). Data penelitian yang berbentuk kuantitatif diperoleh dari penilain validator ahli dan praktisi, guru dan siswa, serta pengamatan aktivitas belajar dan hasil tes unjuk kerja siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, validitas Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bahasa Indonesia berbasis komik pada materi menulis slogan yang dikembangkan tergolong sangat valid yakni 93,57. Kedua, praktikalitas Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bahasa Indonesia berbasis komik pada materi menulis sloganyang dikembangkan tergolong sangat praktis yakni 95,00 dari hasil praktikalitas oleh guru, dan 92,36 dari hasil praktikalitas oleh siswa. Ketiga, efektivitas Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bahasa Indonesia berbasis komik pada materi menulis sloganyang dikembangkan tergolong sangat efektifkarena hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa diperoleh skor rata-rata 94,44 dan nilai rata-rata siswa yang menjadi subjek uji coba ialah 89,34. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bahasa Indonesia berbasis komik pada materi menulis sloganyang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar di dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia khususnya untuk materi menulis slogan.