Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Memproduksi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Suci, Anggraini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/457/1/13080170%20SUCI%20ANGGRAINI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/457/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/457/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/457/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/457/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagai berikut. Masalah yang ditemui adalah Pertama, kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X masih tergolong rendah. Kedua, kurangnya kemampuan siswa dalam menuangkan ide dan gagasan kedalam bentuk teks negosiasi. Ketiga, kurang bervariasinya model yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan memproduksi teks negosiasi menggunakan model problem based learning (PBL) siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen yang true exprimental design dengan rancangan posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman jumlah siswa 214 orang yang tersebar tujuh kelas. Kelas kontrol berjumlah 30 orang siswa dan kelas eksperimen 30 orang siswa. Jadi sampel dalam penelitian 60 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ada dua yaitu, Pertama, variabel bebas (X) problem based learning (PBL)dengan berbantuan media audio visual. Kedua, variabel terikat (Y) yaitu keterampilan memproduksi teks negosiasi . Instrumen digunakan dalam penelitian yaitu tes unjuk kerja memproduksi teks negosiasi. Teknik analisis data dengan cara melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kemampuan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman tanpa mengggunakan model problem based learning (PBL)sebagai berikut. Pertama, tingkat kemampuan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman tanpa menggunakan model problem based learning (PBL) memperoleh nilai rata-rata 69,16 yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup. Kedua, tingkat kemampuan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman dengan menggunakan model problem based learning (PBL) memperoleh nilai rata-rata 80,55 yaitu berada pada tingkat penguasaan 76-85% berada pada kualifikasi baik (B). Ketiga, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman dengan > yaitu (5,15>1,67). Jadi dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) baik digunakan dalam memproduksi teks negosiasi.