Pengaruh Penggunaan Teknik Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato
Main Author: | Vani, Rahmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4565/4/12080296%20VANI%20RAHMAWATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4565/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4565/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4565/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4565/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis teks pidato siswa yang masih rendah. Masalah yang ditemui adalah siswa kurang mengerti dengan bagian isi pidato. Antara bagian isi pidato dengan tema kurang berhubungan. Rendahnya kemampuan siswa dalam menuangkan ide dalam menulis teks pidato. Guru hanya menggunakan metode ceramah. Rancangan penelitian ini The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung Kabupaten Agam yang berjumlah 148. Sampel penelitian adalah kelas X4 (kelas kontrol) yang berjumlah 25 orang dan kelas X5 (kelas eksperimen) yang berjumlah 25 orang. Teknik penarikan sampel adalah (Simple Random Sampling). Data penelitian ini skor kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen quasi (Quasi Ekperiments). Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMAN 3 Lubuk Basung Kabupaten Agam tanpa menggunakan teknik Think-Talk-Write (TTW) memperoleh nilai rata-rata kelas 60,43 yang berkualifikasi cukup. Kedua, kemampuan menulis teks pidato di kelas eksperimen siswa kelas X SMAN 3 Lubuk Basung Kabupaten Agam dengan menggunakan teknik Think-Talk-Write (TTW) memperoleh nilai rata-rata kelas 75,99 yang berkualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunan teknik Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMAN 3 Lubuk Basung Kabupaten Agam karena thitung > ttabel (4,348 > 1,68). Jadi, teknik TTW lebih efektif digunakan untuk pembelajaran menulis teks pidato