“Kemampuan Menulis Pantun dengan Menggunakan Model Pembelajaran TPS (Think Phair share) siswa kelas X SMA N 1 Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan”

Main Author: Neneng, Mustika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4561/2/11080231-NENENG%20MUSTIKA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4561/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4561/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4561/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4561/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lima hal sebagai berikut: siswa kurang minatterhadap pembelajaran menulis, siswa kurang tepatdalam pemakaian tanda baca saat menulis pantun, siswa mengalami kesulitan dalam menuangkan ide-ide, gagasan, dan pemikirannya dalam menulis pantun, kurangnya interaksi antara siswa dengan guru dalam proses belajar mengajar, tidak adanya media pembelajaran yang dipilih guru dalam pembelajaran menulis, hanya dituliskan dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan model TPS (Think Phair Share) siswa kelas X SMA N 1 Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 110 orang. Sampel penelitian berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik (propotional random sampling). Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh hasil kemampuan menulis pantun siswa kelas X SMA N 1 Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan ketiga indikator yang diteliti yaitu. Pertama, kemampuan menulis pantun untuk indikator 1 (baris) tegolong Sempurna (S), dengan rata-rata 96,42 yang terdapat pada rentangan 96-100%. Kedua, kemampuan menulis pantun untuk indikator 2 (rima (persajakan)) tergolong baik (B) dengan rata-rata 82,14 yang terdapat dalam rentangan 76-85%. Ketiga, kemampuan menulis pantun untuk indikator 3 (sampiran dan isi) tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata 72,62 yang terdapat dalam rentangan 66-75%. Keempat, kemampuan menulis pantun untuk gabungan ketiga indikator tergolong baik (B) dengan rata-rata 83,73 yang terdapat pada rentangan 76-85% pada skala 10.