Kemampuan Menulis Naskah Drama Melalui Teknik Bermain Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1Tanjung Mutiara Kabupaten Agam
Main Author: | Imelda, Nofriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4560/4/11080238-IMELDA%20NOFRIANI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4560/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4560/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4560/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4560/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua hal. Pertama, siswa kesulitan dalam menemukan ide cerita. Kedua, kurangnya teknik pembelajaran yang membahas naskah drama serta contoh naskah drama.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama melalui teknik bermain drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam yang diambil purposive sampling(sampel bertujuan) yaitu sebanyak 30 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kerja siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Mutiara dengan menggunakan teknik bermain drama. Berdasarkan pembahasan dan analisis data diperoleh hasil kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan teknik bermain drama berdasarkan kelima indikator yang diteliti yaitu. Pertama, kemampuan menulis naskah drama siswa untuk indikator1(penokohan) tergolong baik (B), dengan rata-rata kemampuan siswa 77,78. Kedua,kemampuan menulis naskah drama siswa untuk indikator 2 (alur) tergolong sempurna (S), dengan rata-rata kemampuan siswa 97,78. Ketiga,kemampuan menulis naskah drama siswa untuk indikator 3 (latar) tergolong sempurna(S), dengan rata-rata kemampuan siswa 96,67.Keempat, kemampuan menulis naskah drama siswa untuk indikator 4 (dialog) tergolong sempurna(S), dengan rata-rata kemampuan siswa 96,67.Jadi, dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Menulis Naskah Drama Melalui Teknik Bermain Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam untuk gabungan kelima indikator tergolong baik sekali(BS), dengan rata-rata kemampuan siswa 92,79 berada pada rentangan 86-95% berada pada skala 10.