Penerapan Pembelajaran Berbasis Inquiry yang digunakan oleh Guru Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran di MTsN Lawang Mandahiling, Batusangkar

Main Author: Rahmia, Sinta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/456/4/13040092%20RAHMIA%20SINTA%20%20%20ok%20plip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/456/1/Abstract.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/456/2/Conclusion.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/456/3/References.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/456/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan Inquiry Based Learning Approach dalam pengajaran bahasa Inggris di MTsN Lawang Mandahiling. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua orang guru yang mengajar di kelas VII dan kelas VIII. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengamatan terhadap guru sewaktu mengajar di dalam kelas. Dengan melakukan Inquiry Based Learning Approach ini, peneliti melakukan observation checklist pada setiap indikator yang dilakukan guru dan mencatat kegiatan yang ada dalam proses pembelajaran tersebut. Setelah itu dilakukan pengolahan data dengan menggunakan teori dari Rushton (2008). Peneliti mendapatkan hasil setelah observasi bahwa kedua partisipan melakukan proses pembelajaran menggunakan Inquiry Based Learning Approach. Peneliti mendapatkan hasil bahwa guru menerapkan hampir semua indikator dalam pembelajaran berbasis inquirysesuai dengan indikator dari Rushton (2008:6) yaitu stimulate, active and communicate, plan and predict, investigate, record and report, connect, and evaluate dalam pembelajaran berbasis inquiry. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Inquiry Based Learning Approach ini sudah diterapkan oleh guru di MTsN Lawang Mandahiling dan berjalan baik sesuai dengan indikator. Penerapan pendekatan ini juga berdampak baik bagi siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif dan lebih mengerti dengan materi dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.