Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMAN 14 Padang. Menulis paragraf argumentasi merupakan kegiatan yang sulit bagi siswa. Hal ini terlihat dari siswa yang sulit mengungkapkan, mengembangkan ide serta gagasan kedalam bentuk tulisan argumentasi. Selain itu, kurang bervariasinya teknik yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar yang dapat mengakibatkan kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran khususnya menulis paragraf argumentasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian kemampuan menulis paragraf argumentasi dengan teknik brainstorming. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh teknik brainstorming terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMAN 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel acak sederhana (Simple random sampling). Cara demikian dilakukan bila anggota populasi dianggap homogen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 14 Padang yang terdaftar pada tahun 2015/2016. Jumlah siswa kelas X tersebut adalah 285 siswa yang tersebar dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 orang yang berasal dari siswa kelas X.4 dan X.5. Sedangkan data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMAN 14 Padang. Instrumen penelitian ini diperoleh melalui tes unjuk kerja menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMAN 14 Padang. Hasil analisis data berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMAN 14 Padang tanpa menggunakan teknik brainstorming yaitu sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMAN 14 Padang tanpa menggunakan teknik brainstorming pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LDC) dengan rentangan 66- 75% dengan rata-rata hitung yang diperoleh 73,65. Kedua, kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMAN 14 Padang dengan menggunakan teknik brainstorming berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rentangan 76-85% dengan rata-rata hitung 79,56. dari kedua analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknik brainstorming berpengaruh terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMAN 14 Padang dibandingkan dengan tanpa menggunakan teknik brainstorming karena thitung (17,50) > ttabel (1,67).