Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Argumntasi
Main Author: | Melda, Rista |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4547/4/12080192%20MILDA%20RISTA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4547/3/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4547/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4547/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4547/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis paragraph argumentasi masih rendah. Masalah yang ditemui adalah rendahnya keterampilan menulis siswa, terutama menulis paragraf argumentasi, siswa kesulitan dalam mengembangkan ide, gagasannya disebabkan keterbatasan kosakata yang dimiliki oleh siswa, penggunaan ejaan yang disempurnakan dalam menulis paragraph argumentasi siswa belum tepat dan metode atau teknik yang digunakan guru tidak bervariasi, sehingga siswa merasa bosan saat proses belajar mengajar berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMAN 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen (quasi experimental). Rancangan penelitian ini The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 14 Padang yang berjumlah 285. Sampel penelitian adalah kelas X4 (kelas kontrol) yang berjumlah 31 orang dan kelas X5 (kelas eksperimen) yang berjumlah 31 orang. Sedangkan data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA N 14 Padang. Instrumen penelitian ini diperoleh melalui tes unjuk kerja siswa kelas SMA N 14 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) keterampilan menulis paragraph argumntasi siswa kelas X SMAN 14 Padang tanpa menggunakan teknik mind mapping memperoleh nilai rata-rata kelas 62,9 berkualifikasi Cukup, (b) di kelas eksperimen keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMAN 14 Padang dengan menggunakan teknik mind mapping memperoleh nilai rata-rata kelas 80,64 yang berkualifikasi baik, (c) terdapat pengaruh yang signifikan penggunan teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis paragraph argumentasi siswa kelas X SMAN 14 Padang karena thitung > ttabel (5,42 > 1,67).