Pengaruh Model Problem Based Learning (Berbasis Masalah) Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Baiturrahmah Padang
Main Author: | Resy, Neneng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4546/3/12080219%20RESY%20NENENG.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4546/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4546/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4546/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4546/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pertama, rendahnya keterampilan menulis siswa, terutama menulis paragraf argumentasi. Kedua, siswa kesulitan dalam mengembangkan ide atau gagasannya. Ketiga, siswa mengalami kesulitan dalam membedakan paragraf argumentasi dengan paragraf lain. Keempat, model yang digunakan guru kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning (Berbasis Masalah) terhadap keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Baiturrahmah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Baiturrahmah Padang yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Propotional Sampel. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini adalah (a) keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Baiturrahmah Padang sebelum menggunakan model Problem Based Learning memperoleh rata-rata 68.75 pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup. (b) Keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa sesudah menggunakan model Problem Based Learning memperoleh rata-rata 76.29 dengan rentangan 76-86% dengan kualifikasi baik. (c) terdapat pengaruh terhadap keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan model Problem Based Learning karena t_hitung>t_tabel yaitu 2.21 > 1.67. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning dalam menulis paragraf argumentasi .