Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Padang
Main Author: | Dela, Yunita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4541/4/12080289-DELA%20YUNITA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4541/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4541/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4541/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4541/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hal-hal berikut. Pertama, rendahnya minat siswa terhadap menulis cerpen karena siswa menganggap menulis cerpen sesuatu yang sulit. Kedua, siswa kesulitan dalam menemukan gagasan atau ide untuk memulai tulisannya dalam mengembangkan sebuah cerpen, karena siswa tidak memahami bagaimana cara mengembangkan ide atau gagasannya. Ketiga, kurangnya bentuk praktik menulis cerpen karena terbatasnya waktu, sehingga siswa kurang terlatih menulis cerpen. Keempat, siswa kurang kreatif merangkai urutan peristiwa, menggambarkan penokohan secara detail, alur, dan latar secara lengkap karena siswa sulit mengekspresikan jalan pikirannya ke dalam bentuk tulisan. Kelima, metode dan teknik yang digunakan guru dalam belajar belum bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang tanpa menggunakan teknik mind mapping. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang dengan menggunakan teknik mind mapping. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang yang berjumlah 345 orang. Sampel penelitian adalah kelas X.6 (kelas kontrol) yang berjumlah 31 orang dan kelas X.5 (kelas eksperimen) yang berjumlah 31 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data penelitian berupa skor hasil kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang. Indikator penilaian terdiri dari (1) judul cerpen, (2) penokohan, (3) alur, dan (4) latar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang tanpa menggunakan teknik mind mapping memperoleh nilai rata-rata kelas 63,16 yang berkualifikasi Cukup, (b) pada kelas eksperimen kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang dengan menggunakan teknik mind mapping memperoleh nilai rata-rata kelas 79,29 yang berkualifikasi baik, (c) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik mind mapping terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 12 Padang karena thitung > ttabel (5,5418 > 1,67).