Pengaruh Penggunaan Model Pembe-lajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 02 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

Main Author: Syafriani, Loren
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/454/1/13080164%20SYAFRIANI%20LOREN%20%20%20ok%20Flipping.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/454/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/454/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/454/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/454/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis, khususnya menulis cerpen. Untuk melatih siswa agar terampil menulis digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pegaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 02 Koto Baru kabupaten Dharmasraya Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Pre-Experimental Design (Nondesign). Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 02 Koto Baru kabupaten Dharmasraya yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 122 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa X5 yang berjumlah 24 orang. Variabel penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis cerpen sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis siswa kelas SMA Negeri 02 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 02 Koto Baru kabupaten Dharmasraya sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share , nilai rata-rata adalah 74,08 dengan kualifikasi Lebih dari Cukup pada rentang 66% –75%. Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis siswa kelas X SMA Negeri 02 Koto Baru kabupaten Dharmasraya sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan nilai rata-rata adalah 84,72 dengan kualifikasi Baik pada rentang 76%–85%. Ketiga, terdapatpengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share terhadap keterampilan menulis cerpen siswa X kelas X SMA Negeri 02 Koto Baru kabupaten Dharmasraya karena thitung = (2,361) > t tabel (2,07).