Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VIII SMPN 31 Padang
Main Author: | Risti, Fauzi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4537/1/12080242%20RISTI%20FAUZI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4537/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4537/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4537/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4537/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa belum bisa menuangkan ide dan gagasannya dalam bentuk kalimat. Kedua, siswa sulit memahami unsur-unsur dalam sebuah cerita yang membangun isi sebuah cerita tersebut. Ketiga, siswa masih terkendala pada penggunaan ejaan dalam menulis teks cerita fabel. Keempat, penggunaan teknik yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model picture and picture terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMPN 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Design penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 31 Padang yang berjumlah 32 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMPN 31 Padang sebelum dan sesudah menggunakan model picture and picture. Hasil penelitian ini adalah (a) kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMPN 31 Padang sebelum menggunakan model picture and picture memperoleh ini rata-rata hitung 68,75 berada pada rentangan 66-75% kualifikasi lebih dari cukup. (b) kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMPN 31 Padang sesudah menggunakan model picture and picture memperoleh nilai rata-rata hitung 79,68 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik. (c) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model picture and picture terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMPN 31 Padang karena thitung > ttabel (2.90>1,67).