”Pengaruh Penggunaan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII MTsN Model Padang”

Main Author: Syamsi, Rahmayeni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4517/2/12080093%20SYAMSI%20RAHMAYENI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4517/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4517/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4517/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4517/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru tidak menciptakan suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran menulis teks cerpen sehingga siswa merasa bosan, terbatasnya alokasi waktu untuk latihan kemampuan menulis teks cerpen, media untuk pembelajaran sastra relatif kurang khususnya menulis teks cerpen, guru menggunakan teknik ceramah dalam proses pembelajaran, siswa masih sulit menuangkan ide-ide dan merangkai kata demi kata kedalam bentuk tulisan, siswa masih sulit menulis teks cerpen dengan baik secara terstruktur terutama siswa tidak bisa menuliskan komplikasi yaitu bagian yang berisikan konflik dalam sebuah teks cerpen. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil kemampuan menulis teks cerpen tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas VII MTsN Model Padang, mendeskripsikan hasil kemampuan menulis teks cerpen siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas VII MTsN Model Padang, dan mendeskripsikan terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII MTsN Model Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen murni (true eksperimen) dengan rancangan The Randomized Posstest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 552 siswa yang tersebar dalam 13 kelas. Yang terdaftar pada tahun 2015-2016. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 80 orang siswa dengan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan cara menghitung nilai rata-rata dari masing-masing kelas populasi. Data dalam penelitian ini adalah hasil teks kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII MTsN model Padang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII MTsN Model Padang tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) memperoleh nilai rata-rata 57,78 dengan klasifikasi 56 – 65% yaitu Sedang, tingkat kemampuan menulis teks cerpen dengan menggunakan menggunakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas VII MTsN Model Padang nilai rata-rata 80,27 dengan klasifikasi 76 - 85% yaitu Baik, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa dapat pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas VII MTsN Model Padang karena > 6,984 >1,67.