An Analysis of Social Strategy Used by Students in Teaching Learning in Classroom Communication at Grade Eight of SMPN 25 Padang Academic Year 2015/2016

Main Author: Elsa, Safitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4512/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4512/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4512/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4512/4/11040325%20-%20ELSA%20SAFITRI%20%28THESIS%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4512/
Daftar Isi:
  • Komunikasi penting bagi siswa dalam berinteraksi di kelas. Dalam hal ini interaksi sangatlah penting untuk meningkatkan kepercayaan diri ketika menggunakan bahasa yang baik dalam berbicara atau berkomunikasi. Disekolah, siswa hendaklah lebih maksimal melakukan interaksi dan berkominikasi di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategy interaksi siswa di dalam proses pembelajaran dalam berkomunikasi dikelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lebih lanjut, informant dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII 1 – 6 di SMPN 25 Padang. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan interview dari teori Oxford, Brown dan Varughese. Peneliti memilih siswa kelas VIII sebanyak 20 siswa, kemudian, peneliti mendapatkan hasil data dari interview bahwa siswa telah menggunakan 3 tipe dari strategi sosial. Tipe yang pertama, meminta pertanyaan siswa menngunakannya sebanyak 20 siswa. Tipe yang kedua, bekerja sama dengan yang lain siswa menngunakannya sebanyak 20 siswa. Dan tipe yang ketiga,berempati dengan yang lain siswa menggunakannya sebanyak 18 siswa.