Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Hermayati, Trisna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/451/4/13080155%20HERMAYATI%20TRISNA%20ok%20FLip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/451/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/451/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/451/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/451/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai keterampilan siswa kelas X dalam menulis teks prosedur kompleks masih rendah. Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model Problem Based Learning siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur kompleks sesudah menggunakan model Problem Based Learning siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Ketiga, mendeskripsikan terdapat atau tidak pengaruh penggunaan model Problem Based Learning siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Design penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest. Populasi siswa kelas X yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 adalah 274 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Lembah Melintang berjumlah 30 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Lembah Melintang sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian ini adalah Pertama, keterampilan menulis teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model Problem Based Learning siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat ialah 56,88 dengan kualifikasi cukup pada rentangan 56-65%. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur kompleks sesudah menggunakan model Problem Based Learning siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat ialah 77,55 dengan kualifikasi baik pada rentangan 76-85%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung (8,12) > ttabel (1,70), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.