Kemampuan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Teknik Mengembangkan Kalimat Topik Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padang
Main Author: | Mutiara Juwita, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4506/3/11080235-MUTIARA%20JUWITA%20SARI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4506/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4506/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4506/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4506/ |
Daftar Isi:
- Menulis merupakan salah satu kegiatan yang produktif guna mengungkapkan gagasan, ide, dan pesan seseorang terhadap orang lain. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi siswa untuk menuangkan ide dan gagasannya ke dalam sebuah tulisan berupa cerpen. Siswa masih mengalami kesulitan dalam merangkai kata-kata untuk mengawali sebuah tulisan kemudian mengembangkan kalimat menjadi sebuah paragraf. Selain itu, siswa juga belum mampu menghadirkan tokoh, membangun peristiwa, dan menetapkan latar dalam cerita pendek. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan teknik mengembangkan kalimat topik siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 8 Padang yang terdaftar pada tahun 2015/2016. Jumlah siswa tersebut adalah 279 siswa yang tersebar dalam sembilan kelas. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sample (sampel bertujuan). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan teknik mengembangkan kalimat topik siswa kelas X SMA N 8 Padang dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Pertama, kemampuan siswa menghadirkan tokoh dalam menulis cerpen tergolong hampir cukup, dengan rata-rata penguasaan 53,77 berada pada rentangan 46-55%. Kedua, kemampuan siswa menggambarkan peristiwa dalam menulis cerpen tergolong sempurna, dengan rata-rata penguasaan 96,8 berada pada rentangan 96-100%. Ketiga, kemampuan siswa menempatkan latar dalam menulis cerpen tergolong baik, dengan rata-rata penguasaan 84,94 berada pada rentangan 76-85%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan teknik mengembangkan kalimat topik siswa kelas X SMA N 8 Padang tergolong baik dengan rata-rata penguasaan 78,49 berada pada rentangan 76-85%.