Pengaruh Kondisi Siswa, Manajemen Kelas, Dan Lingkungan Sekolah, Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Siska Widia, Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4505/3/11090120%20SISKA%20WIDIA%20SARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4505/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4505/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4505/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4505/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Pengaruh antara kondisi siswa terhadap motivasi belajar; 2) Pengaruh antara manajemen kelas terhadap motivasi belajar; 3) Pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar; 4) Pengaruh antara kondisi siswa, manajemen kelas, dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMKN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling dengan sampel 108 orang siswa. Instrumen penelitian berupa angket tertutup. Uji yang digunakan dalam penelitian; (1) analisis deskriftif, (2) analisis induktif, (3) uji asumsi klasik, (4) analisis regresi berganda, (5) koefisien determinasi, (6) uji hipotesis. Hasil analisa data menunjukkan bahwa; 1) kondisi siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,323 dan nilai thitung > nilai ttabel (10,93 > 1,66); 2) manajemen kelas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,381 dan nilai thitung > nilai ttabel (10,87 > 1,66); 3) lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,398 dan nilai thitung > ttabel (10,18 > 1,66); 4) kondisi siswa, manajemen kelas, dan lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, memiliki nilai F hitung > F tabel (180,14 > 3,08). Nilai R square sebesar 0,839, artinya sebesar 83,90% perubahan pada variabel dependen (motivasi belajar) dapat dijelaskan atau disumbangkan oleh variabel independen (kondisi siswa, manajemen kelas, dan lingkungan sekolah), sedangkan sisanya sebesar 16,10% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk ke dalam penelitian ini. Disarankan pada siswa agar menjaga hubungan sesama siswa, saling bekerja sama, dan saling membatu memecahkan masalah. Dengan adanya hubungan yang baik akan dapat meningkatkan motivasi untuk belajar