Kendala-Kendala Peserta Didik Dalam Mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS Di SMA Negeri 3 Pariaman
Main Author: | Elda, Elda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4484/1/12020054%20-%20ELDA%20NOVITA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4484/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4484/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4484/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4484/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dasar penetapan KKM yang berbeda dari penetapan KKM standar Nasional yang hanya 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dilihat dari kompleksitas peserta didik, untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dilihat dari daya dukung sekolah, dan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dilihat dari intake sekolah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian ini di SMA Negeri 3 Pariaman dengan informan penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPS2, wali kelas XI IPS2, guru yang mengajar mata pelajaran sejarah serta wakil kurikulum SMA Negeri 3 Pariaman. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keakuratan data diuji dengan menggunakan triangulasi data selanjutnya dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Pariaman terlihat dilapangan bahwa kesulitan soal dan kerumitan materi pembelajaran memang dialami peserta didik. 2) Kemampuan dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) berdasarkan daya dukung, kenyataannya sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran sejarah yang tersedia belum memberikan hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran sejarah. 3) Kemampuan dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) berdasarkan intake / rata-rata peserta didik dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB) yang dilakukan di SMA Negeri 3 Pariaman belum sesuai dengan penetapan intake yang seharusnya.