Pengaruh Intensitas Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat

Main Author: Sri Wahyuni, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4482/4/12090207%20-%20SRI%20WAHYUNI%20PUTRI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4482/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4482/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4482/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4482/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 2) pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi akademik mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 3) pengaruh cara belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 4) pengaruh intensitas belajar, kemampuan berpikir kritis dan cara belajar secara bersama-sama terhadap prestasi akademik mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat angkatan 2013 sampai dengan angkatan 2015 yang berjumlah sebanyak 727 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 258 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama intensitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,022 dengan nilai thitung 7,792 > ttabel 1,97. Kedua kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,005 dengan nilai thitung 6,142 > ttabel 1,97. Ketiga cara belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,010 dengan nilai thitung 7,864 > ttabel 1,97. Keempat intensitas belajar, kemampuan berpikir kritis, dan cara belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa yang ditunjukan oleh nilai Fhitung 203,343 > Ftabel 2,64 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat untuk lebih meningkatkan intensitas belajar, kemampuan berpikir kritis dan cara belajar agar dapat meningkatkan prestasi akademik mahasiswa.