Pengaruh Kedisiplinan Dalam Belajar, Minat Belajar Siswa Dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar IPS (Terpadu) Siswa SMP Negeri 4 Lubuk Sikaping

Main Author: Alhadi, Alhadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4478/3/11090226%20-%20ALHADI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4478/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4478/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4478/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4478/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskriptif: 1) Pengaruh kedisiplinan dalam belajar terhadap hasil belajar IPS (terpadu) siswa SMP Negeri 4 Lubuk Sikaping; 2) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS (terpadu) siswa SMP Negeri 4 Lubuk Sikaping; 3) Pengaruh sarana prasarana terhadap hasil belajar IPS (terpadu) siswa SMP Negeri 4 Lubuk Sikaping; 4) Pengaruh kedisiplinan dalam belajar, minat belajar, dan sarana prasarana secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS (terpadu) siswa SMP Negeri 4 Lubuk Sikaping. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Lubuk Sikaping sebanyak 74 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik Total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 74 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1)analisis deskriptif, (2) analisis induktif, (3) uji asumsi klasik, (4) analisis regresi berganda, (5) koefisien determinasi, (6) uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dalam belajar terhadap hasil belajar IPS (Terpadu) siswa di SMP Negeri 4 Lubuk Sikaping; Kedua Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar IPS (Terpadu) siswa di SMP Negeri 4 Lubuk Sikaping; Ketiga Terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana prasarana terhadap hasil belajar IPS (Terpadu) siswa di SMP Negeri 4) Lubuk Sikaping; Keempat Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dalam belajar, minat belajar siswa dan sarana prasarana terhadap hasil belajar IPS (Terpadu) siswa di SMP Negeri 4 Lubuk Sikaping. Disarankan kepada siswa agar dapat meningkatkan rasa kedisiplinan, terutama disiplin perbuatan, oleh karena itu siswa mampu menjaga perbuatan baik terhadap teman maupun guru, siswa lebih meningkatkan minat belajar dan menyukai setiap pelajaran dan kepada pihak sekolah agar lebih memperhatikan ruangan perpustakaan dan lain sebagainya.sekolah harus mampu menciptakan sarana prasarana yang cukup dan memadai agar siswa nyaman untuk menuntut ilmu disekolah.