Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. 2) pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. 3) pengaruh kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. 4) kepercayaan diri memoderasai pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. 5) kepercayaan diri memoderasai pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi.Tempat dan waktu penelitian ini dilakukan pada mahasiswa pendidikan ekonomio kosentrasi akuntansi angkatan 2012 dan 2013 di STKIP PGRI Sumtra Barat dan dilakukan pada bulan Agustus 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian dalah 203 dan sampel pada penelitian ini adalah sebayak 134 yang diperoleh dengan menggunakan rumus slovin. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa data primer dan angket. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama kecerdasan emosional berpengaruh signifikan positif terhadap tingkat pemahaman akuntasi mahasiswa, dimana diperoleh Nilai Fhitung adalah 93,825 dengan nilai signifikansi adalah 0,000. nilai signifikansi lebih kecil dari alpha ( ). Kedua perilaku belajar berpengaruh signifikan positif terhadap tingkat pemahaman akuntasi mahasiswa, dimana diperoleh nilai Fhitung adalah 227,538 dengan nilai signifikansi adalah 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil dari alpha ( ). Ketiga kepercayaan diri berpengaruh signifikan positif terhadap tingkat pemahaman akuntasi mahasiswa, dimana diperoleh nilai Fhitung adalah 92,803 dengan nilai signifikansi adalah 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil dari alpha ( ). Keempat kepercayaan diri memperkuat pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Dengan hasil analisis data diketahui nilai R Square (R2) pada model III lebih besar dari R2 model I (0,586 > 0,414). Kelima kepercayaan diri memperkuat pengaruh perilaku terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Dengan hasil analisis data diketahui nilai R Square (R2) pada model III lebih besar dari R2 model I (0,801> 0,733). Untuk meningkatkan tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa hendakya melatih dirinyan agar lebih percaya diri dan merobah perilaku belajar menjadi lebih baik dan juga melatih kecerdasan emosional yang ada pada diri sendiri.