Daftar Isi:
  • Mata pelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang di harapkan dapat membentuk karakter siswa. Oleh karena itu, dalam kenyataannya masih belum terlaksana sesuai dengan tujuan mata pelajaran sejarah tersebut termasuk diantaranya di SMA PGRI 1 Padang. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan rancangan pembelajaran yang memiliki nilai-nilai sejarah, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sejarah yang memiliki nilai-nilai karakter, dan (3) Menganalisis penilaian karakter siswa melalui mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif yang merupakan metode penelitian yang lebih menekankan makna dari pada generalisasi, dengan lokasi penelitian di SMA PGRI 1 Padang. Adapun informan yang ditetapkan adalah guru sejarah yang mengajar di kelas XI IPS 4, peserta didik kelas XI IPS 4 dan guru BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah ada nilai-nilai karakter yang terdapat pada tujuan pembelajaran, kegiatan inti (konfirmasi, elaborasi, dan eksplorasi), serta pada kegiatan penutup. (2) Pada pelaksanaan pembelajaran guru sejarah telah berupaya menanamkan melalui metode pemberian tugas, diskusi jigsaw, life skill, dan diskusi kelompok. Nilai yang ditemukan adalah cinta tanah air, semangat kebangsaan, cinta damai dan demokratis. (3) Sistem penilaian yang digunakan oleh guru adalah penilaian afektif yang nilainya adalah cinta tanah air yang tertinggi 68% sangat bagus, semangat kebangsaan 53% sedang, cinta damai 50% sedang dan demoktratis 75% kurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru sejarah telah berupaya dalam menanamkan nilai karakter yang ada dalam materi pelajaran sejarah.