Pengaruh Keaktifan Berorganisasi, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Kampus Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai variable Intervening
Main Author: | Riyat, Asrizon |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4453/1/12090088%20-%20RIYAT%20ASRIZON%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4453/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4453/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4453/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4453/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap motivasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar. 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar. 3) pengaruh lingkungan kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar. 4) pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap IPK mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar. 5) pengaruh fasilitas belajar terhadap Indeks IPK mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar. 6) pengaruh lingkungan kampus terhadap IPK mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar. 7) pengaruh motivasi belajar mahasiswa terhadap IPK mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar yang berjumlah sebanyak 90 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Keaktifan berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,508 dan nilai thitung sebesar 10,225 > ttabel sebesar 1.98667 2) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,269 dan nilai thitung sebesar 5,421 > ttabel sebesar 1.98667. 3) Lingkungan kampus berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,671 dan thitung sebesar 13,516 > ttabel sebesar 1.98667. 4) Keaktifan berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPK mahasiswa, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,264 dan nilai thitung sebesar 3,139 > ttabel sebesar 1.98667. 5) Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPK mahasiswa, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,315 dan nilai thitung sebesar 4,787 > ttabel sebesar 1.98667. 6) Lingkungan kampus berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPK mahasiswa, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,414 dan nilai thitung sebesar 4,157 > ttabel sebesar 1.98667. 7) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPK mahasiswa, yang ditunjukan oleh nilai koefisien jalur sebesar 0,289 dan nilai thitung sebesar 2,378 > ttabel sebesar 1.98667. Untuk meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI, mahaiswa hendaknya lebih meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi apalagi dalam pengambilan keputusan, pihak kampus lebih melengkapi semua kebutuhan mahaiswa akan fasilitas belajar, dan lebih memperbaiki lingkungan sekitar kampus demi terciptanya kegiatan belajar mengajar yang nyaman dan kondusif, dan mahaiswa hendaknya juga lebih meningkatkan kepercayaan diri serta ulet dalam menghadapi masalah serta tidak mudah putus asa harus tepat waktu dalam belajar.