Tingkat Manajemen Waktu Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 2 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Jenny, Wulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/445/1/13060043%20JENNY%20WULANDARI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/445/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/445/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/445/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/445/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya peserta didik cenderung tidak bisa membagi waktunya antara belajar, bermain dan berkumpul bersama teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Menetapkan tujuan dan prioritas peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan, (2) Teknik atau mekanika manajemen waktu peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan, (3) Kontrol terhadap waktu peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik penarikan sampel adalah simple random sampling. Populasi seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Jumlah sampel sebanyak 51 orang peserta didik. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dengan menggunakan microsoft Exel 2013. Insrumen yang dingunakan adalah angket, sedangkan untuk menganalisis data digunakan teknik skor interval. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa secara umum tingkat manajemen waktu peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Painan yang dilihat dari variabel manajemen waktu berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian berdasarkan sub variable yaitu : (1) secara rata-rata menetapkan tujuan dan prioritas berkategori cukup baik, (2) teknik atau mekanika manajemen waktu berkategori cukup baik, (3) kontrol terhadap waktu dalam kategori baik. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu peserta didik untuk lebih meningkatkan kemampuan memanajemen waktu dengan lebih baik lagi.