Keterampilan Guru Mengadakan Variasi dalam Mengajar Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Solok Selatan
Main Author: | Helda Liastuti, Helda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4448/1/11020066%20HELDA%20LIASTUTII.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4448/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4448/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4448/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4448/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mengadakan variasi dalam pembelajaran, yaitu variasi gaya mengajar, media dan pola interaksi. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini difokuskan pada Pelaksanaan Keterampilan Mengadakan Variasi dalam mengajar mata pelajaran Sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 8 Solok Selatan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan keterampilan mengadakan variasi mengajar mata pelajaran Sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 8 Solok Selatan. Jenis penelitian adalah studi evaluasi dengan analisis kualitatif. Subjek penelitian adalah, guru sejarah SMA Negeri 8 Solok Selatan yang berjumlah 1 orang. Sebagai nara sumber beberapa orang siswa dari XI IPS, serta kepala sekolah dan wakil kurikulum di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru mata pelajaran sejarah mengadakan variasi suara menggunakan nada dan tekanan berbeda, pemusatan perhatian siswa ketika terhadap satu bagian materi dengan cara memberi tekanan suara, melakukan kesenyapan sebanyak 2 kali selama proses belajar mengajar untuk memberi kesempatan kepada siswa memahami materi yang diterangkan oleh guru. Variasi dengan melakukan kontak pandang dengan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung supaya siswa memperhatikan guru. Variasi dalam ekspresi wajah guru dalam bentuk menggeleng, menunjuk dan mengangguk dan melakukan pergantian posisi ketika proses pembelajaran sejarah di kelas XI IPS agar siswa lebih kosentrasi dalam belajar. Variasi media kurang terlaksana, terutama media yang dapat didengar dan diraba karena media tersebut belum tersedia di sekolah. Keterampilan mengadakan interaksi dilakukan oleh guru sejarah yaitu memberi kebebasan pada siswa dalam mencari sumber belajar dan membuat siswa aktif selama proses belajar mengajar.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa keterampilan guru mengadakan variasi dalam mengajar mata pelajaran Sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 8 Solok Selatan telah dilaksanakan untuk gaya mengajar dan pola interaksi, namun media tidak dapat dilakukan variasi karena keterbatasan media.