Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru, Kesiapan, Dan Disiplin Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMPN 1 Sutera

Main Author: Fauzia, Fauzia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4445/3/12090039-FAUZIA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4445/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4445/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4445/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4445/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui Pengaruh gaya mengajar guru, terhadap minat belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran IPS terpadu di SMP N 1 Sutera Kabupeten Pesisir Selatan 2) Pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap minat belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran IPS terpadu di SMP N 1 Sutera Kabupeten Pesisir Selatan 3) Pengaruh disiplin belajar terhadap minat belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran IPS terpadu di SMP N 1 Sutera Kabupeten Pesisir Selatan. 4) Seberapa besar Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru, Kesiapan, Dan Disiplin secara bersama-sama Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMPN 1 Sutera. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Sutera yang belajar mata pelajaran IPS Terpadu Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah sebanyak 180 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebesar 125 orang. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Gaya Mengajar Guru terhadap Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP N 1 Sutera dengan koefisien regresi sebesar 0,395 dan thitung thitung (6,063) > nilai ttabel (1,657; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP N 1 Sutera dengan koefisien regresi sebesar 0,106 dan thitung (2,382) > nilai ttabel (1,657); (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Disipin Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP N 1 Sutera dengan koefisien regresi sebesar 0,173 dan thitung thitung (3,400) > nilai ttabel (1,657); (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Gaya Mengajar Guru, Kesiapan Belajar, Dan Disiplin Belajar Terhadap Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP N 1 Sutera dengan nilai Fhitung (114,243) > nilai Ftabel (3,11 Berdasarkan hasil penelitian di atas, diketahui bahwa gaya mengajar guru, kesiapan dan disiplin berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Oleh karena itu disarankan kepada guru agar meningkatkan kemampuan mengajar serta kesiapan belajar yang baik sehingga siswa maupun guru lebih semangat dalam proses pembelajaran serta disiplin belajar harus diperhatikan agar siswa lebih bersamangat dalam belajar.