Pengaruh Minat Belajar Siswa, Pola Asuh Orang Tua, Kopetensi Pedagogik, dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Koto XI Tarusan

Main Author: Pitriani, Pitriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4441/4/12090020%20-%20PITRIANI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4441/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4441/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4441/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4441/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh minat belajar siswaterhadap motivasi belajar Siswa, 2) pengaruh pola asuh orang tuaterhadap motivasi belajar siswa, 3) pengaruh kopetensi pedagogikterhadap motivasi belajar Siswa, 4) Pengaruh Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa,5)pengaruh minat belajar siswa, pola asuh orang tua, kompetensi pedagogik dan kreativitas belajar siswa secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswakelas VIII di SMP N 1 Koto XI Tarusan Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. populasi penelitian adalah seluruh siswa yang belajarkelas VIII di SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan pada ajaran tahun 2016/2017 yang berjumlah 150 orang, terdiridari enamlokal. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proprorsional Random Sampling.Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji likelihood, uji ramsey, uji multikolinearitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi ( ) serta uji hipotesis yang menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh signifikan antara minat belajar siswa( ) terhadapmotivasi belajar siswa(Y) kelas VIII di SMP N 1 Koto XI Tarusan dengan nilai koefisien regresi0,265 dan dapat dibuktikan denganthitung (2,905) > ttabel (1,98260). 2) terdapat pengaruh signifikan antara pola asuhorang tua( ) terhadap motivasi belajar siswa (Y) kelas VIII di SMP N 1 Koto XI Tarusandengan nilai koefisien regresi 0,228 dan dapat dibuktikan denganthitung (2,790) > ttabel (1,98260)3) terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik( ) terhadap motivasi belajar siswa(Y) Kelas VIII di SMP N 1 Koto XI Tarusan dengan nilai koefisien regresi 0,141 dan dapat dibuktikan denganthitung (2,477) > ttabel (1,98260) dan 4) terdapat pengaruh signifikan antara kreativitas siswa( ) terhadap motivasi belajar siswa(Y) Kelas VIII di SMP N 1 Koto XI Tarusan dengan nilai koefisien regresi 0,728 dan dapat dibuktikan denganthitung (9,786) > ttabel (1,98260) 5) terdapat pengaruh signifikan antara minat belajar siswa,Pola asuh orang tuadankompetensi pedagogik dan kreativitas belajar siswasecara bersama-sama terhadapterhadap motivasi belajar siswa(Y) kelas VIII di SMP N 1 Koto XI Tarusandenga Fhitung 36,832 >Ftabel(2,46). Dengan demikian disarankan kepada guru agar selalu berusaha keras meningkatkan minat belajar siswa kemampuan pedagogik anak agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dan kepada orang tua seharusnya berperan aktif memberikan pola asuh yang baik kepada anaknya agar meningkatkan motivasi dalam belajar.