Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Disiplin Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 23 Padang

Main Author: Sopyan, Sopyan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4429/3/11090260%20-%20SOPYAN%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4429/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4429/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4429/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4429/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN 23 Padang, 2) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN 23 Padang, 3) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN 23 Padang, 4) pengaruh lingkungan teman sebaya, disiplin belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama prestasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN 23 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMPN 23 Padang yang berjumlah sebanyak 226 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 146 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN 23 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,388. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,903 > ttabel sebesar 1,976. Artinya apabila lingkungan teman sebaya meningkat sebesar 1%, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,388 dalam setiap satuannya. Kedua disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN 23 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,189. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,266 > ttabel 1,976. Artinya, apabila disiplin belajar meningkat sebesar 1%, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,189 dalam setiap satuannya. Ketiga perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN 23 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,450. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 6,310 > ttabel sebesar 1,976. Artinya, apabila perhatian orang tua meningkat sebesar 1%, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,450 dalam setiap satuannya. Keempat lingkungan teman sebaya, disiplin belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama prestasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN 23 Padang. Dimana diperoleh nilai Fhitung 117,419 > Ftabel 2,667dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Pada penelitian ini penulis menyarankan kepada para guru dan orang tua siswa agar dapat memantau dan memperhatikan dengan siapa saja siswa bergaul, karena lingkungan teman sebaya di SMP Negeri 23 Padang pengaruhnya cukup besar, di samping itu hendaknya orang tua mampu memberikan perhatiannya kepada anaknya, dan kepada para siswa untuk lebih meningkatkan disiplin dalam belajar, yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar.