Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya belajar dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat

Main Author: Muhammad, Rahmat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4428/2/11090255%20MUHAMMAD%20RAHMAT%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4428/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4428/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4428/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4428/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Talamau, 2) Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Talamau, 3) Pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Talamau, 4) Pengaruh motivasi belajar, gaya belajar, dan fasilitas belajar di sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Talamau. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Talamau yang berjumlah sebanyak 168 orang dengan sampel sebesar 127 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Talamau. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,254. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 5,106 > ttabel sebesar 1,97928. Artinya apabila motivasi belajar meningkat lebih baik, maka hasil belajar akan menigkat sebesar 0,254 dalam setiap satuannya. Kedua Gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Talamau. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,291. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,009 > ttabel sebesar 1,97928. Artinya apabila gaya belajar meningkat lebih baik, maka hasil belajar akan menigkat sebesar 0,291 dalam setiap satuannya. Ketiga fasilitas belajar di sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Talamau. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,464. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 6,942 ttabel sebesar 1,97928. Artinya apabila fasilitas belajar disekolah meningkat lebih baik, maka hasil belajar akan menigkat sebesar 0,464 dalam setiap satuannya. Keempat motivasi belajar, gaya belajar dan fasilitas belajar di sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Talamau. Dimana diperoleh nilai Fhitung 124,364 > Ftabel 2,68 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.