Model Pembinaan Disiplin Peserta Didik Sebagai Bentuk Layanan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler (Studi pada Organisasi Gerakan Pramuka di MTsN 6 Padang)
Main Author: | Gusnia, Handayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/442/1/13060032%20GUSNIA%20HANDAYANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/442/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/442/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/442/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/442/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembinaan disiplin peserta didik sebagai bentuk layanan dalam kegiatan ekstrakurikuler (studi pada organisasi gerakan pramuka), adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1. Model pembinaan disiplin dalam aspek waktu, 2. Model pembinaan disiplin dalam aspek berpakaian, 3. Model pembinaan disiplin dalam aspek bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode wawancara dengan informan kunci 1 orang dan 2 orang informan tambahan yang terdiri 1 pembina pramuka, 1 ibu guru BK, 1 ketua pramuka di MTsN 6 Padang. Data ini diuji dengan melakukan triangulasi data, setelah itu dianalisis melalui tiga tahap: 1. Reduksi data, 2. Penyajian data, 3. Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan : 1. Model pembinaan disiplin aspek waktu, yang dimana pembina harus memiliki komunikasi yang baik kepada anggota, dan selalau bersikap tegas. 2. Model pembinaan disiplin dalam aspek berpakaian, yaitu pembina terlebih dahulu harus mecontohkan bagaimana pakaian wajib dalam pramuka dan selalu membantu anggota dalam berkesulitan berpakaian. 3. Model pembinaan dalam aspek bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, yaitu pembina harus jelas dalam memberi tugas dan penyampaian materi dan selalu memberi penghargaan kepada anggota yang disiplin. Hasil penelitian di rekomendasikan kepada pembina pramuka dalam membentuk kedisiplinan anggota gerakan pramuka. Karna pembina pramuka adalah orang yang sangat dekat kepada anggota, maka dari itu pembina pramukalah yang mampu menjadi contoh model bagi seluruh anggota dalam menjalankan semua aturan yang ada.