Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan Citra Swalayan Andalas Padang (Studi Kasus Seluruh Pelanggan Citra Swalayan Andalas Padang Jln. Andalas Timur No. 102 Padang)
Main Author: | Sri, Wahyuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4411/2/11090228%20-%20SRI%20WAHYUNI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4411/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4411/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4411/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4411/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Citra Swalayan Andalas, 2) Pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan Citra Swalayan Andalas, 3) Pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Citra Swalayan Andalas , dan 4) Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepercayaan pelanggan secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan Citra Swalayan Andalas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Citra Swalayan Andalas Padang yang melakukan pembelian berulang pada Citra Swalayan Andalas Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang pelanggan. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan pelanggan secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan digunakan analisa uji t dan uji F. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Citra Swalayan Andalas dimana nilai koefisien regresi sebesar 0,320. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung (9,191) > ttabel (1,665); (2) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Citra Swalayan Andalas dimana nilai koefisien regresi sebesar 0,269. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung (7,451) > ttabel (1,665); (3) Kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Citra Swalayan Andalas dimana nilai koefisien regresi sebesar 0,429. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung (7,510) > ttabel (1,665); (4) Kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan pelanggan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Citra Swalayan Andalas Padang karena Fhitung (77,556) > dari Ftabel (3,12). Besarnya pengaruh variabel kualitas pelayanan, harga, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Citra Swalayan Andalas Padang yaitu sebesar 75,4% dan sisanya 24,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Perusahaan Citra Swalayan Andalas Padang hendaknya selalu memperhatikan kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan yang akan diberikan kepada pelanggannya, hal ini dimaksudkan agar tidak berdampak kepada perusahaan nantinya seperti menurunnya loyalitas pelanggan, Peningkatan kualitas yang dilakukan secara langsung akan membuat pelanggan memiliki puncak pikiran terhadap jasa yang digunakan memutuskan untuk berulang kembali menggunakan jasa perusahaan Citra Swalayan Andalas Padang.