Upaya Sekolah Dalam Melaksanakan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam
Main Author: | Dian Handayani, Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4409/2/12070220-DIAN%20HANDAYANI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4409/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4409/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4409/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4409/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan karakter adalah suatu upaya atau strategi yang sengaja digunakan untuk membentuk suatu kepribadian di dalam diri seseorang individu yang dapat melalui 18 nilai-nilai pendidikan karakter yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat / komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Adapun permasalahan yang ditemukan di SMA N 1 Tanjung Mutiara seperti ketidak hadiran, cabut, terlambat, dan tidak mematuhi peraturan sekolah berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya sekolah dalam melaksanakan pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam dan mendeskripsikan kendala sekolah dalam melaksanakan pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Behavoirisme yang dikembangkan oleh B.F Skinner, menurut Skinner perilaku manusia yang diamati secara langsung adalah akibat konsekuensi dari perbuatan sebelumnya. Adapun informan dalam penelitian ini adalah 19 orang. Pemilihan informan melalui teknik snowball sampling yaitu informasi-informasi penelitian yang diperoleh dilapangan berdasarkan informan yang berkaitan dengan penelitian yang disebut dengan key informan. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1) upaya sekolah dalam melaksanakan pendidikan karakter melalui 9 program pendidikan karakter, yang sudah terlaksana di sekolah yaitu: a. Religius, b. Jujur, c. Disiplin, d. Kerja keras, e. Kreatif, f. Rasa ingin tahu, g. Menghargai prestasi, h. Bersahabat / komunikatif i. Peduli lingkungan. 2) kendala yang dihadapi oleh sekolah saat melaksanakan pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara adalah: a. Tingkah laku siswa yang nakal dan b. Siswa cabut saat jam pelajaran berlangsung. Kata kunci : Pendidikan Karakter